Aktivitas

Training Budidaya Jamur Tiram Bersama Mompreneur

Peserta Pelatihan Jamur Angkatan ke-40

Peserta dan pemateri pelatihan jamur tiram angkatan ke-40.

Sukses di bisnis jamur tiram ternyata tak hanya jadi impian bagi para pria namun juga mulai dilirik oleh kaum hawa. Berawal dari rasa penasaran dan informasi yang didapatkan dari orang-orang di sekitarnya, empat orang peserta yang terdiri dari Catharina Liem (Semarang), Yusi Fransiska (Purwodadi), Dian Ariani (Nganjuk), dan T. Retno Sunariing Tyas (Yogyakarta) tertarik untuk mengikuti pelatihan bisnis budidaya jamur tiram bersama Berbisnisjamur.com.

Materi Kelas Training Jamur

Materi Kelas Training Jamur

Mengamati trend pasar jamur yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, empat wanita karir yang datang dari berbagai latar belakang ini seolah tak ingin ketinggalan untuk meraup keuntungan besar di bisnis budidaya jamur tiram. Melalui Pelatihan Budidaya Jamur Tiram angkatan ke-40 yang diselenggarakan pada tanggal 29-30 Mei 2015, para calon pengusaha jamur ini sangat antusias mengikuti setiap materi maupun praktek langsung di lapangan mulai dari proses pembibitan, perawatan atau budidaya jamur, hingga membuat aneka macam olahan jamur tiram.

Di hari pertama pelatihan, peserta mendapatkan materi pembuatan bibit jamur dan media tanam jamur dari Adi Jumandiantoni yang merupakan pakar di bisnis budidaya jamur tiram. Setelah mendapatkan teori seputar jamur tiram, peserta diajak menikmati aneka hidangan olahan jamur di Jejamuran Resto. Para peserta menikmati aneka olahan jamur, seperti misalnya tongseng, pepes, atau rendang jamur. Selesai menyantap sajian jamur, peserta melanjutkan agenda training untuk praktek membuat bibit F3 dan baglog media tanam jamur tiram.

Praktek pembuatan bibit Jamur

Peserta mencoba praktek membuat bibit jamur tiram.

Memasuki hari kedua pelatihan, peserta dibekali materi pemasaran jamur yang disampaikan oleh Rahmatniwa selaku trainer kelas online. Sesi ini sengaja diberikan kepada peserta agar mereka tidak hanya handal dalam hal produksi jamur namun juga memiliki bekal ilmu pemasaran agar tidak kebingungan untuk memasarkan hasil produksinya. Tak berhenti di situ saja, peserta juga diajak untuk mengunjungi Anekamesin.com untuk melihat langsung mesin tepat guna yang dibutuhkan dalam bisnis budidaya jamur tiram.

Dan menutup sesi pelatihan kali ini, peserta berkunjung langsung ke petani jamur untuk melihat bagaimana cara menata baglog jamur yang tepat, dan belajar langsung proses panen jamur. Disini peserta juga diajak untuk praktek membuat aneka olahan dengan bahan dasar jamur tiram. Tentu para peserta yang mayoritas ibu rumah tangga ini sangat antusias ketika belajar membuat kreasi olahan jamur tiram seperti membuat sate, nugget jamur, dan jamur krispi.

Praktek Olahan Jamur

Peserta asyik mengikuti sesi praktek membuat aneka olahan jamur tiram.

Selama dua hari mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram bersama Berbisnisjamur.com, para peserta mengaku puas dengan materi pelatihan yang diberikan. “Disini saya mendapatkan gambaran lengkap mengenai bisnis budidaya jamur tiram, tentunya saya sangat berterimakasih karena saya jadi lebih mantap untuk memulai bisnis jamur tiram,” ungkap T. Retno Sunariing Tyas peserta dari Yogyakarta.

Nah, Sobat Bisnis! Bagi Anda yang tak ingin ketinggalan untuk bisa sukses di bisnis budidaya jamur tiram, Anda bisa mulai mendaftar dari sekarang untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Agkatan ke 41 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Juni 2015 mendatang. Untuk informasi selengkapnya silahkan kontak tim training BisnisUKM.com melalui 0852-9000-7054.