Aktivitas

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Dinas Kehutanan Sangatta

peserta pelatihan jamur dinas kehutanan sangattaPelatihan Budidaya Jamur Tiram Angkatan 22 telah selesai diselenggarakan pada tanggal 04-05 September 2013,  pelatihan tersebut sangat berbeda dari pelatihan yang biasanya, para peserta pelatihan kali ini berjumlah 4 orang, yang datang langsung dari Dinas Kehutanan Sangatta, Kalimantan Timur.

Tim dari Dinas Kehutanan tersebut mengaku pengetahuan akan jamur konsumsi seperti jenis jamur tiram masih sangat minim Selama ini mereka hanya mengetahui jenis jamur yang tumbuh di tanah dan batang kayu lapuk secara liar. Itu sebabnya banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta kepada trainer kami mengenai jenis–jenis jamur apa saja yang bisa dikonsumsi dan dibudidayakan.

kunjungan kumbung jamur

Pelaksanaan training 2 (dua) hari tersebut sangat dimanfaatkan oleh para perserta, pertanyaan demi pertanyaan terus mengalir dan dijawab serta dijabarkan satu persatu oleh pemateri kami. Kunjungan ke beberapa petani jamur, sampai praktek pembuatan baglog pun diakui menjadi hal yang cukup menarik bagi mereka.

kunjungan aneka mesin

Dalam pembudidayaan jamur, mesin merupakan salah satu alat penunjang. Untuk itulah dalam salah satu kunjungan kami mengantarkan para peserta ke Aneka Mesin, yaitu salah satu pabrik tepat guna yang akan memberikan informasi seputar mesin untuk produksi pembuatan baglog jamur.

menikmati aneka olahan jamur

Selesai melakukan rangkaian pelatihan yang telah kami agendakan selama 2 hari. Kunjungan pada hari ke dua berakhir di salah satu rumah makan yang menyediakan aneka olahan jamur. Disini para peserta dapat mencicipi cita rasa aneka masakan berbahan dasar jamur. Sekaligus melihat aneka jenis jamur konsumsi yang telah mereka cicipi olahannya.