Aktivitas

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Angkatan Ke-31

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram 31Bisnis budidaya jamur tiram saat ini telah menjadi salah satu ladang usaha yang pasarnya tidak akan pernah padam dari sekian banyak peluang bisnis pertanian yang ada di Indonesia. Hal itu tak lepas dari semakin meningkatnya angka konsumsi jamur tiram di kalangan masyarakat dan pertumbuhan pasar jamur tiram yang kian signifikan setiap harinya, sehingga menjadikan bisnis budidaya jamur tiram ini juga semakin menjanjikan.

Kondisi seperti inilah yang melatar belakangi tujuh orang peserta pelatihan bisnis budidaya jamur tiram angkatan ke-31 yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-31 ini diselenggarakan pada hari Jumat – Sabtu tanggal 11 s/d 12 Juli 2014, pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-31 ini mengupas tuntas tentang bisnis jamur tiram mulai dari pembibitan sampai dengan proses panen dan pasca panen.

Pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-31 ini menghadirkan dua pemateri utama yaitu Bapak Rakmatniwa (Trainer BisnisUKM.com) serta Bapak Firdaus Ginting selaku expert di bisnis budidaya jamur sekaligus mentor di Berbisnisjamur.com, pelatihan budidaya jamur tiram ini meskipun diselenggarakan di bulan ramadhan namun tidak kalah seru dengan pelatihan-pelatihan budidaya jamur sebelumnya.

Di hari pertama pelatihan, para peserta pelatihan diajak untuk mengenal berbagai macam jenis jamur konsumsi dan bagaimana cara pembibitan jamur tiram. Tidak hanya itu saja, para peserta pelatihan juga mendapatkan teori lengkap tentang proses pembuatan bibit jamur tiram sampai pada cara perawatan dan proses panennya sehingga para peserta pelatihan saling berlomba untuk mengajukan berbagai macam pertanyaan kepada para trainer.

Praktek dan kunjungan ke petani jamur

Tidak hanya memperoleh teori lengkap dari para trainer saja, para peserta pelatihan juga diajak untuk mengunjugi berbagai tempat menarik. Yang pertama adalah Anekamesin.com yang merupakan pabrik pembuatan mesin tepat guna yang dibutuhkan dalam proses budidaya jamur. Dalam kunjungan ini, para peserta pelatihan dapat melihat langsung proses pembuatan mesin dan bisa berkonsultasi langsung dengan pakar mesin tepat guna mengenai alat apa saja yang biasa dibutuhkan dalam bisnis budidaya jamur tiram.

Setelah para peserta pelatihan puas mengunjungi Anekamesin.com, pada hari kedua para peserta diajak untuk mengunjungi petani jamur serta restoran yang menyajikan berbagai macam kuliner olahan jamur. Peserta pelatihan juga mendapatkan kesempatan langsung untuk melakukan praktek membuat baglog jamur serta melihat dari dekat kondisi ruangan kumbung jamur, dan ternyata hal itu ternyata memberikan pengalaman baru bagi setiap peserta pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-31 ini.

Sebelum menutup pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ini, para peserta diberikan kesempatan agar bisa menikmati berbagai kuliner olahan jamur di Jejamuran Resto. Para peserta mengaku senang setelah dua hari mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram karena mereka memperoleh pengalaman baru dan informasi yang lengkap seputar bisnis budidaya jamur tiram.

“Selama dua hari mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram ini, saya bagaikan selembar kertas putih yang belum tahu apa-apa, kemudian saya memperoleh informasi dari Trainer kita bagaimana cara memulai bisnis jamur dari 0 sehingga kita para peserta mendapatkan gambaran sebelum memulai bisnis jamur dari mulai membuat baglog sampai dengan berkunjung langsung ke petani jamur,” Luciana (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah – Semarang).

Nah, setelah mengetahui bagaimana serunya aktivitas selama mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-31. Kini giliran Anda untuk dapat bergabung menjadi pengusaha jamur di pelatihan bisnis budidaya jamur tiram angkatan ke-32 yang akan kami laksanakan pada tanggal 22-23 Agustus 2014. Gabung sekarang juga dengan menghubungi BisnisUKM.com di (0274) 3000-422 atau 0852-9000-7054. Salam sukses!