Aktivitas

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Angkatan ke-29

pelatihan bisnis budidaya jamur tiramMengulang kesuksesannya dalam mengadakan training budidaya jamur, pada tanggal 23-24 Mei 2014 Berbisnisjamur.com kembali mengadakan pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-29. Sama dengan angkatan sebelumnya, training budidaya jamur tiram kali ini diadakan selama dua hari berturut-turut dan menghadirkan Bapak Firdaus Ginting sebagai narasumber utamanya.

Diikuti oleh dua orang peserta yang dikirimkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kota Palangkaraya, serta dua peserta lainnya dari wilayah Purworejo dan Kota Bogor, pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-29 ini mengupas tuntas seluk beluk bisnis budidaya jamur tiram.

Di hari pertama pelatihan, para peserta mendapatkana materi lengkap seputar bisnis budidaya jamur. Meski para peserta telah dibekali modul materi, namun Bapak Firdaus Ginting selaku narasumber juga menjelaskan dengan detail bagaimana karakteristik jamur tiram, dimana habitatnya tumbuh, sampai bagaimana cara membuat bibit, baglog jamur, dan cara perawatan jamur tiram yang dimulai sebelum panen, perawatan saat panen, hingga perawatan pasca panen.

Tak hanya menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh Bapak Firdaus Ginting, para peserta juga diajak mengunjungi AnekaMesin.com. Disana para peserta melihat langsung proses pembuatan mesin tepat guna yang berhubungan dengan bisnis jamur. Selain itu, para peserta juga bisa berkonsultasi dengan para ahli mesin untuk menanyakan fungsi dari setiap mesin yang dijelaskan pada sesi tersebut.

Selanjutnya di hari kedua, para peserta mulai mempraktekkan langsung ilmu-ilmu yang mereka dapatkan di hari sebelumnya. Pelatihan di hari kedua ini diawali dengan praktek membuat media tanam atau baglog jamur tiram.

Satu per satu peserta mencoba membuat campuran media baglog yang pas dan memasukkan bibit jamur ke dalam baglog. Pada sesi praktek ini, peserta juga diajarkan bagaimana takaran baglog yang tepat serta bagaimana cara menutup baglog dengan ring plastik.

Setelah satu per satu mencoba membuat baglog, para peserta diajak untuk melihat kondisi kumbung jamur tiram dan mempraktekkan langsung bagaimana proses perawatannya hingga proses panen jamur dan perawatan pasca panen.

Terakhir, para peserta diajak menikmati aneka olahan jamur di Resto Jejamuran. Disana mereka disuguhi beragam jenis sajian serba jamur seperti contohnya sate jamur, pepes jamur, jamur crispy, lumpia jamur, dan lain sebagainya. Selama mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram bersama Berbisnisjamur.com, para peserta mengaku senang mendapatkan ilmu seputar bisnis budidaya jamur tiram.

Nah, bagi Anda yang ingin bergabung menjadi salah satu pengusaha sukses yang bergelut di bisnis budidaya jamur. Kini giliran Anda untuk bergabung di pelatihan bisnis budidaya jamur tiram angkatan ke-31 yang akan kami laksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2014. Gabung sekarang juga dengan menghubungi Berbisnisjamur.com di (0274) 3000-422 atau 0852-9000-7054. Salam sukses!