Aktivitas

Training Budidaya Jamur Tiram Angkatan ke-28

pelatihan budidaya jamurSetelah sukses menggelar training budidaya jamur tiram untuk kesekian kalinya, Berbisnis.com kembali mengadakan pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-28. Diselenggarakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada tanggal 25-26 April 2014, training budidaya jamur kali ini diikuti oleh peserta dari Makassar dan Wonogiri.

Selama dua hari mengikuti training bisnis budidaya jamur tiram bersama Berbisnisjamur.com, H. Zainal Makmur, SH. MH. (peserta dari Wonogiri) dan Zulkarnain (peserta dari Makassar) mendapatkan berbagai macam ilmu seputar seluk beluk bisnis jamur. Mulai dari pengenalan jenis-jenis jamur konsumsi, belajar proses pembuatan baglog dan kumbung jamur, serta bagaimana proses perawatan hingga panen jamur berlangsung disampaikan dengan lengkap oleh Bapak Firdaus Ginting.

Tak hanya fokus menyimak materi pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Firdaus Ginting, antusiasme peserta pelatihan juga terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta. “Kira-kira hal apa saja yang bisa menyebabkan proses pembuatan baglog jamur gagal?” tanya Zainal.

Setelah satu hari penuh mendapatkan materi tentang budidaya jamur tiram, di hari kedua pelatihan para peserta diajak untuk bisa mempraktekkan langsung ilmu pengetahuan yang telah mereka dapatkan di hari sebelumnya.

Namun sebelum praktek, para peserta melakukan kunjungan pertamanya di AnekaMesin.com. Disana para peserta diajak untuk melihat langsung proses pembuatan alat-alat atau mesin teknologi tepat guna yang memudahkan para pelaku bisnis budidaya jamur. Contohnya seperti mesin pembuatan baglog serta ada pula mesin lainnya yang bisa digunakan pelaku bisnis jamur untuk mengolah jamur konsumsi.

Selanjutnya, peserta pelatihan juga diberi kesempatan untuk bisa praktek langsung membuat baglog jamur yang dipandu langsung oleh para ahli di bisnis budidaya jamur. Pada sesi ini satu per satu peserta mencoba praktek langsung bagaimana caranya membuat campuran media tanam jamur, hingga cara menanamkan bibit jamur ke dalam baglog.

Pelatihanpun tak hanya berhenti disitu saja, para peserta juga mengunjungi salah satu petani jamur yang ada di Kota Yogyakarta untuk mengetahui bagaimana kondisi kumbung jamur yang ideal dan belajar bagaimana cara merawat dan memanen jamur secara langsung. Terakhir, peserta juga diajak untuk mengetahui dan mencicipi aneka macam sajian kuliner yang diolah menggunakan bahan serba jamur.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses di bisnis budidaya jamur. Kini giliran Anda untuk bergabung di pelatihan bisnis budidaya jamur bersama Berbisnisjamur.com. Gabung sekarang juga dengan menghubungi BisnisUKM.com di (0274) 3000-422 atau 0852-9000-7054. Salam sukses!