Artikel Jamur

Tips Menjaga Kualitas Bibit Jamur

bibit jamurBudidaya jamur merupakan salah satu usaha yang cukup mudah untuk dijalankan, apalagi lahan yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan keuntungan yang didapatkan pun cukup menjanjikan. Karena itulah kini semakin banyak masyarakat yang menekuni bisnis budidaya jamur.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari berbisnis jamur tentunya dibutuhkan kualitas jamur yang unggul. Nah, untuk  menghasilkan jamur berkualitas diperlukan bibit yang baik pula.

Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan kebutuhan bibit jamur, berikut ini kami informasikan beberapa tips menjaga kualitas bibit jamur agar hasil panen diperoleh bisa maksimal.

Tips Menjaga Kualitas Bibit Jamur

  • Yang terpenting adalah sesuaikan kondisi lingkungan dengan habitat aslinya di alam. Hal ini penting agar bibit jamur yang dihasilkan bisa tetap terjaga kualitasnya. Sebagai contoh jamur tiram membutuhkan lingkungan dengan suhu 24-29ºC dan kelembapan 90-100%.
  • Pastikan semua kegiatan yang berhubungan dengan bibit jamur dilakukan secara steril agar bibit jamur yang digunakan tidak terkontaminasi mikroorganisme lainnya.
  • Bila bibit jamur sudah dibuka, maka sebaiknya gunakan sampai habis. Hindari penggunaan bibit sisa, karena kemungkinan besar sudah terkontaminasi oleh mikroorganisme lain.
  • Ketika bibit jamur harus diangkut dan menempuh perjalanan jauh, maka perhatikan suhu dan kelembapan yang dibutuhkan jenis jamur tersebut. Pertahankan kondisi lingkungan yang sesuai dengan habitat aslinya, serta hindari kerusakan pada kemasan bibit jamur untuk mengurangi resiko adanya kontaminasi bibit.

Untuk menghasilkan hasil panen jamur yang berkualitas tentu dibutuhkan bibit jamur yang berkualitas pula. Karenanya, pastikan bibit jamur yang Anda pilih memiliki kualitas ungggul dan pertahankan kualitas bibit tersebut agar tetap prima saat ditanam dalam media. Semoga informasi tips bisnis jamur untuk pekan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca maupun pencari usaha yang tertarik berbisbis jamur. Selalu lakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik!!! Salam sukses.