Manfaat Jamur Kuping Hitam

jamur kuping hitamSelama ini kita hanya mengenal jamur kuping sebagai bahan makanan yang diolah menjadi berbagai olahan masakan seperti oseng soon, atau timlo solo. Rasanya yang enak membuat jamur jenis ini memiliki permintaan pasar cukup tinggi di kalangan masyarakat. Inilah sebabnya budidaya jamur kuping terbilang sering dan banyak dibudidayakan oleh para petani. Di China sendiri selain menjadi bahan makanan, jamur kuping, terutama jenis kuping hitam digunakan sebagai obat.

Sering kita melihat orang yang terkena serangan jantung dan juga stroke hingga menyebabkan kelumpuhan. Hal ini pada umumnya terjadi pada lansia yang menderita darah kental, sehingga mudah terkena penyumbatan pembuluh darah dan jantung koroner. Penderita bisa mengalami kehilangan memori ingatan, dikarenakan pembuluh darah halus di otak yang berangsur-angsur hingga akhirnya kekentalan darah terlalu tinggi dan terjadilah kerusakan otak serta memori ingatan pun hilang total.

Sedangkan stroke yang menyebabkan kelumpuhan, terjadi karena beberapa faktor diantaranya, pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi sehingga terjadi pendarahan otak. Sedangkan faktor lainnya adalah penyumbatan salah satu pembuluh darah besar karena lemak yang menempel di dinding yag berakibat darah, makanan dan oksigen tidak mampu mensuplai ke bagian tubuh lainnya sehingga menyebabkan sel otak atau otot jantung akan mati. Dan akhinya terjadilah kelumpuhan pada anggota tubuh.

Saat ini banyak obat alternatif yang menjadi pilihan bagi para penderita jantung atau stroke, salah satunya yaitu jamur kuping hitam. Lendir yang dihasilkan jamur kuping pada saat dimasak terbukti mampu menjadi pengencer darah. Tidak seperti halnya obat kimia tunggal yang bekerja sesuai sifat pengobatannya saja. Jamur kuping ini mengandung lebih dari satu zat yang dapat saling menyeimbangkan. Apabila salah satu zat bekerja terlalu giat akan di rem oleh zat lain, seperti halnya jamur kuping, meskipun dia bekerja sebagai antikoagulan dalam arti darah tidak gampang mengental, dan kemungkinan kalau tidak diimbangi dengan khasiat antiperdarahan, maka apabila terjadi luka, darah sukar berhenti.

Manfaat jamur kuping hitam dipercaya dapat mengencerkan darah atau antikoagulasi yaitu mencegah gumpalan darah, dan sisi lain dapat juga sebagai antihaermohagi yaitu menghentikan pendarahan. Dan juga bermanfaat untuk penyembuhan penyakit jantung, pembuluh darah dengan endapan (aterosklerosis), penurun kolesterol dan trigliserida.

Dan apabila dikonsumsi setiap hari maka aliran darah akan menjadi lancar dan akan terhindar dari stroke atau jantung. Dengan 10 gram jamur kuping hitam, ditambah jahe 3 iris dan bawang putih 3 butir, bisa juga ditambah daging bersih lemak 40 gram dan sedikit garam. Kemudian rebus dengan air 6 mangkuk. Bagi menjadi 2 mangkuk diminum setiap hari, pagi dan sore. Ramuan ini dapat membersihkan 3 sumbatan dalam waktu 45 hari.

Ternyata begitu besar manfaat dari tanaman jamur ini, bahkan mampu menjadi alternative pengobatan. Semoga ulasan tentang manfaat jamur kuping hitam ini mampu memberikan informasi mengenai kegunaan dan manfaat dari tanaman jamur bagi Anda. Salam sukses.