Artikel Jamur

Jamur Merang Menjadi Potensi Daerah Indramayu

jamur merangJamur merupakan salah satu produk makanan yang kini sedang diminati banyak orang. Aneka olahan jamur mulai dari keripik jamur, jamur crispy hingga sate jamur pun  tidak luput dari serbuan para konsumen. Kepopuleran jamur ternyata tidak hanya dirasakan oleh penikmat olahan jamur saja tetapi juga para petani yang kemudian menjadikan jamur sebagai sebuah peluang usaha yang mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Salah satu bukti bahwa jamur mampu dijadikan mata pencaharian yaitu JPMI (Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia) Cabang Indramayu yang telah berhasil memanen keuntungan puluhan juta rupiah dari bisnis jamur merang, melalui para pengusaha yang mereka bina lewat pelatihan wirausaha setiap tiga bulan.

JPMI Indramayu sendiri sampai saat ini telah memiliki kurang lebih 70 pengusaha binaan yang fokus pada budidaya jamur merang. Jadi tak heran jika sudah ada 150 kumbung jamur yang mampu menghasilkan 2,5 kwintal sekali panen untuk satu kumbung. Jika  per kg saja dihargai Rp 20.000,- bisa di bayangkan berapa banyak penghasilan yang didapatkan para pengusaha jamur  tersebut setiap kali panen.

Indramayu merupakan salah satu daerah dengan iklim yang cukup panas, namun hal tersebut tidak menjadi kendala bagi para pengusaha jamur merang. Hal tersebut bisa disiasati dengan selalu mengatur suhu di dalam kumbung agar jamur dapat tumbuh dengan sempurna dan menghasilkan panen sebanyak mungkin.

Produk jamur saat ini memang telah banyak mengalami perkembangan, tidak hanya dijual dalam bentuk jamur segar saja, namun juga diolah menjadi aneka olahan jamur seperti keripik, kerupuk, pepes maupun rawon. Pihak JPMI Indramayu pun kini menyiapkan pengemasan jamur dalam bentuk kaleng agar jamur-jamur tersebut dapat bertahan lama dan lebih mudah dalam hal pendistribusian.

Hasil jamur merang para anggota JPMI Indramayu sendiri sampai saat ini baru di distribusikan ke beberapa daerah dan beberapa warung yang masih berada dalam wilayah Kebupaten Indramayu. Bahkan terkadang untuk menyuplai satu kecamatan saja pihaknya mengaku masih kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar. Namun, untuk kedepannya JPMI Indramayu sudah merencanakan agar dapat memasarkan jamur merang kaleng ke beberapa supermarket dan hypermarket ternama. Harga jamur yang mereka tawarkan yaitu Rp 20.000/ kg untuk jamur merang segar kualitas super, Rp 10.000/ kg untuk kualitas BS dan Rp 12.000/ kaleng untuk jamur merang kaleng.   

Melalui informasi tersebut mampu membuktikan bahwa jamur merang menjadi potensi daerah Indramayu yang mendatangkan keuntungan besar. Kini bagaimana dengan Anda, sudah siapkah untuk meraih untung besar melalui budidaya jamur ?? Jika warga Indramayu bisa, Anda pasti bisa. Salam sukses.

sumber gambar: http://niatusaha.com/uploads/2011/07/peluang-usaha-jamur-merang-300×300.jpg