Jamur Merang

jamur merangSaat ini banyak bermunculan jenis jamur konsumsi atau jamur pangan yang banyak diminati pasar, dan salah satu jamur yang paling lama dikenal terutama di wilayah Asia Tenggara adalah jamur merang. Jamur merang (volvariella volvacca) merupakan salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan. Sekitar 16% dari total produksi jamur dunia berupa jamur merang. Seperti namanya jenis jamur satu ini memilih merang dan jerami sebagai media alami utamanya.

Jamur merang kaya akan protein, sebagai makanan anti kolesterol, eritadenin dalam jamur merang dikenal sebagai penawar racun, dan banyak mengandung antibiotik yang berguna untuk pencegahan anemia. Menurut penelitian jamur juga dapat digunakan untuk mengobati kanker.

Jamur dengan permukaan atas tudung berwarna abu-abu ini berbentuk menyerupai payung, bahkan pada bagian bawah tudung terdapat jari-jari seperti kerangka payung. Kemudian pada bagian batang berwarna putih.

Dalam prakteknya membudidayakan jamur merang tidaklah sulit, kemampuannya hidup dan bertahan pada suhu yang relatif tinggi, yaitu antara 30-38 °C dengan suhu optimum pada 35 °C. Pertumbuhan jamur merang sangat dipengaruhi oleh banyaknya curah hujan. Bila curah hujan tinggi atau intensitas cahaya matahari terlalu tinggi, maka produksi jamur akan rendah, namun apabila cuaca berawan (kelembaban dan suhu udara tinggi) produksi jamur merang akan tinggi. Kelembaban udara merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan jamur. Budidaya jamur merang umumnya membutuhkan kelembaban udara sekitar 80-90%.

Dalam budidaya jamur dibutuhkan cahaya matahari secara tidak langsung. bila lokasi terlalu panas maka sirkulasi udara di sekitarnya harus baik. Begitu juga dengan jenis jamur merang yang merupakan jamur tropika dan sub tropika yang membutuhkan suhu udara cukup tinggi untuk pertumbuhannya. Suhu udara minimum yang dibutuhkan antara 20-28°C, bila suhu udara turun hingga di bawah 20°C maka jamur merang tidak akan berproduksi.

Walaupun sampai saat ini popularitas jamur tiram masih unggul, namun potensi bisnis jamur merang masih sangat luas. Rasanya yang enak, gurih, dan tidak mudah berubah wujud jika dimasak membuat aneka olahan jamur merang banyak digemari para konsumen, seperti mie ayam jamur, tumis jamur, pepes jamur, sup jamur dan capcay jamur.

Sumber gambar : http://bisnisukm.com/wp-content/uploads/2011/07/jamur-merang.jpg