Artikel Jamur

Cara Membuat Sate Jamur

sate jamurSate jamur merupakan salah satu menu makanan olahan jamur yang paling diminati para pecinta kuliner. Selain cita rasanya yang enak, sate jamur juga bebas kolesterol sehingga siapa saja bisa mengkonsumsi sate jamur dengan aman. Tidaklah heran bila saat ini sate jamur menjadi alternatif tepat bagi para konsumen yang peduli dengan makanan sehat, karena cita rasanya yang nikmat juga baik untuk kesehatan mereka.

Nah, bagi Anda yang tertarik menjadikan olahan sate jamur sebagai peluang bisnis baru yang cukup menjanjikan. Berikut ini kami informasikan resep cara membuat sate jamur yang dapat Anda praktekan langsung dari dapur rumah Anda.

Resep Sate Jamur

BAHAN SATE:
100 gr jamur tiram, potong-potong
5 buah tusuk sate

BUMBU KACANG:
50 gr kacang tanah goreng lalu haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabe merah, haluskan
3 sdm gula merah, sisir
1/4 sdt garam
3 sdm minyak goreng
Air matang

Pelengkap:
Irisan sayur kol dan tomat merah

Cara Membuat :

Bumbu Kacang

  • Siapkan wajan. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan hingga matang dan harum.
  • Masukkan cabe merah, kacang tanah yang telah dihaluskan, gula merah, garam dan air. Masak hingga bumbu matang dan mengental, angkat, lalu sisihkan.

Sate Jamur

  1. Tusukkan potongan jamur ke tusuk sate, ulangi hingga kelima tusuk sate selesai terisi
  2. Siapkan alat bakaran, bakar sate hingga setengah matang, kemudian olesi bakaran jamur dengan bumbu kacang lalu dibakar lagi sampai kecoklatan dan benar-benar matang. Angkat, dan sisihkan
  3. Lengkapi piring saji dengan irisan kol dan tomat, letakkan sate jamur lalu siram dengan bumbu kacang atau bisa juga menyajikannya dengan sambal kecap. Sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba dan salam sukses.