Aktivitas

BUDIDAYA JAMUR TIRAM JADI MAGNET BISNIS YANG MENGGIURKAN

Praktek Pembuatan Baglog Jamur

Sampai hari ini, ceruk pasar jamur tiram memang masih terbuka lebar. Bahkan sekarang jamur tiram tidak hanya laku di pasar tradisional namun juga mulai menjamah pasar modern. Pasar akan lebih menjanjikan, dengan harga jual yang lebih mahal, jika para petani jamur mampu memasok jamur tiram dengan grade unggulan sesuai dengan permintaan pasar modern seperti hypermarket, hotel maupun restoran.

Namun sayangnya, saat ini belum banyak petani yang mampu memenuhi permintaan pasar grade unggulan seperti hypermart dan restoran. Bisa dikatakan para petani jamur tiram di daerah-daerah sudah cukup puas dengan hanya menjadi pemasok jamur tiram ke pasar tradisional. Setiap satu kilogram jamur tiram, laku dipasaran dengan kisaran harga sekitar Rp 15.000,00 sampai Rp 20.000,00.

Tak ingin melewatkan peluang tersebut, BisnisUKM.com dan Berbisnisjamur.com kembali mengadakan pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-47 untuk mencetak calon pengusaha sukses di bisnis jamur tiram.

Foto Pemateri dan Peserta Training Jamur Tiram Angkatan 47

Foto Pemateri dan Peserta Training Jamur Tiram Angkatan 47

Diselenggarakan pada tanggal 26 – 27 Februari 2016 silam, pelatihan budidaya jamur tiram yang menghadirkan Bapak Adi Jumandiantoni (Praktisi Bisnis Jamur) dan Rakmatniwa, S.K.M (Trainer BisnisUKM.com) sebagai pemateri ini diikuti oleh sepuluh orang peserta yang memiliki latar belakang dan usia berbeda-beda.

“Budidaya jamur tiram bisa dijalankan siapa saja. Kali ini pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-47 diikuti oleh sepuluh orang peserta dengan profesi yang beragam, ada yang berstatus sebagai mahasiswa, karyawan, pengusaha, dan pensiunan,” ujar Trantianto selaku panitia acara.

Selama mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram di Yogyakarta, para peserta mendapatkan bimbingan penuh dari para pemateri mulai dari teori seputar budidaya jamur tiram sampai dengan praktek langsung di lapangan untuk mengetahui bagaimana cara memproduksi bibit jamur, membuat media tanam jamur (baglog), dan membuat beberapa produk makanan dari olahan jamur tiram.

Praktek Pembuatan Media Tanam Jamur

Praktek Pembuatan Media Tanam Jamur

Di hari pertama pelatihan, peserta mendapatkan materi seputar seluk beluk habitat jamur tiram. Tidak hanya itu saja, peserta pelatihan budidaya jamur tiram juga diajak untuk praktek langsung membuat bibit serta media tanam jamur. Disana peserta mengenal komposisi media tanam yang tepat seperti apa dan belajar langsung proses pembuatan bibit sampai media tanam siap untuk dimasukkan ke dalam kumbung jamur.

Kunjungan Peserta ke Aneka Mesin

Kunjungan Peserta ke Aneka Mesin

Setelah puas mempelajari media tanam jamur, selanjutnya peserta mengunjungi Anekamesin.com dan mencicipi aneka macam kuliner jamur di Jejamuran Resto. Ternyata tidak hanya jamur tiram saja yang bisa dikonsumsi, selama di Jejamuran Resto para peserta juga mendapatkan kesempatan langsung untuk mengenali aneka jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi.

Memasuki hari kedua pelatihan, Bapak Rakmatniwa, S.K.M memberikan bekal materi seputar pemasaran online bisnis jamur. “Materi ini sengaja kami sisipkan agar kedepannya alumni pelatihan budidaya jamur tiram ini tidak hanya jago memproduksi jamur namun juga ahli dalam mencari pasar,” terang Bapak Rakmatniwa di sela-sela pelatihan.

Praktek Membuat Aneka Olahan Jamur

Praktek Membuat Aneka Olahan Jamur

Melengkapi keseruan pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-47, peserta juga diberi kesempatan untuk praktek langsung membuat aneka macam produk kuliner dari olahan jamur tiram. Tidak hanya kalangan ibu-ibu saja yang antusias mencobanya, semua peserta ikut serta untuk membuat sajian kuliner dari jamur yang akan mereka nikmati sebagai menu makan siang di hari kedua.

Nah, bagi Sobat Bisnis yang tak ingin melewatkan peluang emas untuk menjadi pengusaha sukses di bisnis jamur tiram! Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Agkatan ke-48 yang akan dilaksanakan pada tanggal 01 – 02 April 2015 mendatang. Untuk informasi selengkapnya silahkan kontak tim training BisnisUKM.com melalui 0852-9000-7054.