Aktivitas

BUDIDAYA JAMUR TIRAM BISA DIRINTIS DI BERBAGAI DAERAH

BUDIDAYA JAMUR TIRAM BISA DIRINTIS DI BERBAGAI DAERAHMudahnya proses budidaya jamur tiram dan murahnya modal usaha yang dibutuhkan, ternyata tak hanya menarik perhatian kalangan masyarakat di Yogyakarta. Fakta ini dibuktikan oleh BisnisUKM.com dan Berbisnisjamur.com yang belum lama ini menyelenggarakan pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-45.

Diselenggarakan pada tanggal 27 – 28 November 2015 silam, pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-45 ini diikuti oleh para peserta yang datang dari luar kota Yogyakarta. Sebut saja peserta dari Semarang, Jember, dan yang paling jauh peserta dari Sulawesi Utara.

Meski berasal dari daerah luar kota Yogyakarta dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, namun mereka rela meninggalkan rutinitas utamanya di daerah asal untuk sementara waktu, demi mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram bersama BisnisUKM.com.

Selama dua hari mengikuti pelatihan jamur tiram di Yogyakarta, para peserta mendapatkan materi berupa teori maupun praktek langsung di bawah bimbingan Bapak Adi Jumandiantoni dan Rakmatniwa, S.K.M. Disini para peserta diajarkan caranya membuat bibit jamur, memproduksi media tanam jamur (baglog), dan membuat aneka menu olahan jamur tiram.

Hari pertama, peserta mendapatkan teori umum seputar seluk beluk jamur tiram serta bagaimana proses budidaya jamur tiram yang benar. “Mulai dari pengenalan habitat asli jamur tiram, cara pembibitan jamur tiram, hingga cara pemeliharaan jamur tiram sebelum memasuki masa panen maupun perawatan setelah masa panen, kita ajarkan pada setiap peserta,” jelas Adi Jumandiantoni selaku pemateri. Selain itu, peserta juga berkunjung ke Anekamesin.com untuk melihat langsung peralatan serta perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa merintis bisnis budidaya jamur.

Hari kedua pelatihan, peserta mendapatkan materi seputar cara pemasaran online bisnis jamur. “Materi ini sengaja kami tambahkan agar para peserta tidak hanya ahli dalam memproduksi jamur tiram namun juga bisa memasarkan hasil jamur ke pasar yang lebih luas lagi,” kata Bapak Rakmatniwa saat menyampaikan materi kelas.

Tidak berhenti disitu saja keseruan yang diperoleh peserta selama mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mencicipi aneka macam kuliner jamur di Jejamuran Resto. Disana peserta juga diajak untuk melihat beragam jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi.

Dan diakhir pelatihan, peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi petani jamur tiram yang ada di Yogyakarta untuk melihat langsung bagaimana bentuk kumbung jamur yang ideal. Peserta juga bisa praktek melakukan perawatan jamur tiram dan juga melihat langsung bagaimana tatanan baglog jamur yang tepat. Mereka juga diberi kesempatan untuk ikut memetik jamur tiram yang sudah siap panen dan mengolahnya menjadi beragam menu kuliner berbahan dasar jamur tiram.

Nah, bagi Sobat Bisnis yang tak ingin melewatkan peluang emas untuk bisa menjadi pengusaha sukses di bisnis jamur tiram! Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Agkatan ke-46 yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Desember 2015 mendatang. Untuk informasi selengkapnya silahkan kontak tim training BisnisUKM.com melalui 0852-9000-7054.