Artikel Jamur

Berbisnis Jamur, Solusi Tepat Bisnis Masa Kini

pelatihan jamur Lantabura MediaMeningkatnya konsumsi jamur di masyarakat membuat usaha budidaya jamur banyak dilirik sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Tata cara budidaya jamur yang benar,  pengembangan usaha pasca panen, pengolahan, dan pemasaran hasil budidaya jamur menjadi point penting yang ingin orang pelajari tentang jamur. Menyikapi hal tersebut, PT. Lantabura Media memberikan fasilitas pelatihan ‘Panen Untung Budidaya Jamur’ yang sudah dimulai pada hari Sabtu (9/7). Pelatihan diikuti oleh peserta perseorangan yaitu Bapak Binuko Hadi (50) yang berasal dari Sepinggan Balikpapan dan dua orang peserta lainnya dari Yogyakarta.

Menurut Bapak Binuko yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta, bisnis jamur di wilayahnya (Balikpapan) belum tergarap secara optimal. Untuk itu, beliau merasa perlu banyak belajar dari ahlinya langsung tentang bagaimana membudidayakan dan mengembangan usaha pasca panennya. Dalam pelatihan yang diselenggarakan selama sehari tersebut, peserta diberikan materi teori dan praktik secara langsung produksi baglog jamur tiram dan perlakuan budidayanya.

Tahapan Budidaya jamur TiramMateri teori dikemas dengan nuansa santai sembari diselingi pertanyaan yang banyak diajukan oleh para peserta. Seluk beluk tentang jamur konsumsi dan proses budidayanya menjadi materi inti yang disampaikan pada sesi tersebut. Setelah menjalani sesi materi, peserta kemudian melakukan praktik pembuatan media tanam (baglog) jamur tiram dari tahap awal (pencampuran bahan baku) sampai dengan proses inkubasi (penumbuhan miselium). Tidak ketinggalan, perlakuan khusus dalam proses budidaya seperti raising (pengembunan), teknik mengatasi hama/ penyakit, serta pemanenan jamur tiram juga dipraktikkan oleh peserta.

kunjungan ke petani jamurSesi berikutnya, peserta berkesempatan mengunjungi salah seorang petani jamur untuk bisa berbagai pengalaman dalam proses budidaya. Selama kurang lebih satu jam, peserta menanyakan mengenai biaya dan proses pembuatan kumbung jamur (rumah jamur), teknik dalam membudidayakan jamur tiram dan kuping, serta tidak ketinggalan tentang strategi pemasaran yang dijalankan petani selama ini. “Setelah mengikuti pelatihan budidaya jamur yang diadakan Lantabura Media, ternyata bisa memberikan sebuah alternatif pekerjaan yang bisa langsung diaplikasikan di tempat tinggal saya (Balikpapan),” kata Bapak Binuko sekaligus mengakhiri sesi pelatihan pada hari tersebut.

Tim training bisnisUKM